Kamis, 02 Februari 2012

A man who always be the best


Si kakak yg ada di purwokerto tiba2 sms barusan nanyain kabar trus ujung-ujungnya bilang kangen pengen ngumpul sama alm. Papah.. speechless sebenernya, karena ama kakak emg ga deket, dari kecil udah kepisah jauh dan baru ketemu lagi taun kemaren. si kakak udah sms saya berkali-kali Cuma entah kenapa saya ga langsung bales smsnya, akhirnya malah lupa dan g ngebales. Maaf..hehehee

Si kakak kangen papah ternyatah, dan saya juga …

Papah itu..

Sedikit bicara, pekerja keras, tipikal pria jawa yg gak pernah marah bahkan buat marahin saya anak gadisnya yg suka pulang telat aj gak pernah, paling overportektif sama saya (ini pertanyaan yg beum sempat saya tanyakan langsung ke beliau). Beliau orang yang masakannya paling saya tunggu, nasi goring teri dg rawitnya, tempe penyet, karedok, tumisan asal jadi..ga tau kenapa semua yg beliau masak itu terasa special. Padahal kalo bisa dibilang itu masakan asal lho.. Masakan special yg dimasaknya juga tergantung mood dan paling dinanti saat saya pulang.

Bicara soal seberapa overprotektifnya beliau kesaya, saya sendiri heran..kenapa saya itu paling dicemaskan diantara 2 saudara yg lainnya. Saya paling susah dapat izin main ketempat2 yg lumayan jauh dari rumah, ga bakal diizinin yg namanya main pake motor, dan beliau pasti nlp berkali-kali kl tau saya lg jalan-jalan. SMP,,disaat temen-temen yg lain liburan keluar daerah rame-rame saya harus berpuas diri dg liburan ketempat yg sama tapi bareng keluarga. SMA.. diagenda yg sama, liburan. Izin dari si mamah dg mudah didapatkan karena daerah tujuannya Cuma Bengkulu dan disanapun jg langsung dijemput sodara, tapi dari sipapah ijinnya susaaaaaah bnr. Segala macam rayuan mesti dilancarkan, mulai dari rajin mijitin tiap malam, nurut kalo disuruh, sampe minta si mamah buat ngerayuin. Ijinnya sih keluar tapi tetep yg namanya rayuan untuk ga usah ikut jalan-jalan dg setumpuk iming-iming masih dilancarkan sampe detik-detik keberangkatan. Tapi kali ini saya menang…hehehee

Dan kuliah.. saya paling sering wara-wiri kesana kemari, kl perginya ijin dijamin sepanjang perjalanan akan dihiasi dg suara telp dari sipapah. Pertanyaanya sih simple ‘ udah sampe mana? ’ tapi frekuensinya itu lho yg setiap jam. Makanya saya lebih banyak pergi tanpa ijin dan baru ngomong pas udah balik..heheheee kekhawatiran beliau yg amat berlebihan sama saya bikin bingung sendiri, apa ada yg salah sama saya?? *masih peer yg belum kejawab*

Terakhir saya mendengar kekhawatiran beliau itu disaat saya dan tmn2 backpacker liburan ke Pangandaran. FYI.. saya udah kepangandaran berkali-kali, dg si papah dan dari rumah nenek pun Cuma 2 jam. It’s mean bukan tempat yg baru-baru amat saya kunjungi. Kenapa saya minta ijin?? Karena saya tadinya berencana nginep dirumah nenek dan 1 lagi karena saya minta uang J

Dan sepanjang perjalanan itupun saya harus menjawab telp dan laporan wajib ke beliau, padahal itu posisinya tahun kemaren, saya udah berumur 24 tahun, pergi dengan 20 org lainnya dan udah wara-wiri kesana sini sendirian. Berasa jadi anak SMP jadinya.. but I miss that time L

Saya rindu diperlakukan overprotektif sama si papah, rindu di telp setiap jam, rindu suaranya… saya merindukan semua hal tentang sipapah.

Sipapah itu..

Pekerja keras, itu yg membuat saya terlatih menjadi mandiri dan ga pernah menyerah sama diri sendiri. Papah, pekerja keras yg ga kenal waktu.. udah bekerja keras sejak beliau masi sangat muda sampe beliau menghembuskan nafas terakhirnya. Pekerja keras nya si papah sampe bikin saya jarang bisa ketemu beliau, beliau pulang anak2nya udah tidur dan berangkat disaat anak2nya masih terlelap. Sifat sipapah membuat saya ingin punya semangat sebesar beliau, bercita-cita menjadi pekerja keras seperti beliau. Si papah dg semangat kerja kerasnya dan mamah dg kemandiriannya, 2 orang yg sangat berpengaruh dikehidupan saya, 2 org yg paling saya sayangi.

Kenangan terakhir sama si papah itu di Lebaran tahun 2010, baru bisa ketemu si papah satu minggu setelah dirumah. Tumben2nya beliau becanda nanyain, gimana perbaikan gizinya dirumah?? Udah makan apa aj ??. Untuk orang setipe papah yg ga pernah becanda, sempet bikin bingung. Dan beliau pulang dg 2 bungkus martabak india, secara dirumah pada doyan jajan dan martabak india itu makanan favorit sekeluarga. 1 kebiasaan si papah kl abis pulang kerja, selalu bawa makanan. Itu yg bikin anak-anaknya pada rebutan bukain pintu, nungguin kresek item bawaan beliau.

Banyak kebiasaan-kebiasaan beliau yg masih sangat jelas diingatan, mulai dari kebiasaan ngedongengin cerita horror sebelum tidur dijaman masi SD atau selalu ngolesin autan setiap anak2nya tidur bahkan sampe sebesar ini si papah masih ngolesin autan ke saya yg paling males pake autan. Dan 2010 jadi tahun terakhir beliau ngelakuin itu ke anak2nya. Saya yang alergi obat nyamuk bakar dan elektrik, disaat pulang sipapah langsung sigap dg stok baygon cairnya. Dan saya salut sama papah, gimanapun beliau tidur pasti masih bisa denger suara anaknya lagi diserang nyamuk ato denger suara saya yg gabisa tidur karna demam. Otomatis beliau langsung masuk kamar, ngusir2n nyamuk atau nyuruh saya minum obat. Dan diusia saya yg hampir seperempat abad si papah masih melakukan kebiasaannya itu sampe akhir hayatnya. Proud to papah..

2 komentar:

  1. Miss that time, too :(
    saat ditanya 'udah sampe mana?'

    BalasHapus
  2. walopun kedengaran'y sepele,tp kata "udah sampe mana?" itu gede bgt perhatiannya ya de.di banding ibu,malahan ayah gw tuh yg sering tlp nanya bgitu..

    BalasHapus

Counter