Jumat, 14 Desember 2012

Pesona Lampung Barat

Kalau berbicara wisata lampung, orang pasti udah gak asing, tapi kalau lampung barat??
Lampung barat terkenal dikalangan wisatawan mancanegara, apalagi para pemburu ombak. Lampung barat adalah salah satu surga surfing di Indonesia, bule-bule itu berpendapat belom ke Indonesia kalau belum menjajal ganasnya ombak Lampung Barat.

Video dibawah ini dibuat oleh bule yg menemukan salah satu pantai disana, mereka menyebut gulungan ombak disana 'Sumatera Tunnel'.


see.. ini di Indonesia!!

Pesisir lampung barat bisa dicapai dg jalan darat,  bis dg seharga 35 ribu dari Bandar Lampung atau travel seharga 60 ribu dg jarak tempuh 6-7 jam perjalanan. Perjuangan untuk sampai ke pesisir lampung barat memang gak mudah. Ada 2 jalur yg bisa ditempuh, via tanggamus atau liwa.
Cuma berbeda 1-2 jam dari kedua jalurnya. Lampung barat sendiri gak cuma menyediakan pantai cantik dan ombak yg besar, sepanjang perjalanan menuju krui yg pasti kita akan mendaki gunung lewati lembah, karena kita berada didalam kawasan Taman Nasional Bukit Barisan. Mulai dari panasnya bandar lampung, dingin didaerah liwa sampai bau matahari dan pasir di krui. 

Untuk destinasi wisatanya.. mari ngelist :D
gunung, air terjun, danau ranau, pantai, sungai untuk berarung jeram, wisata sejarah dan budaya.. semua ada.
potensi wisata yg cenderung masih alami dan masih belom tersentuh perkembangan sebenarnya bikin beda dg tempat wisata populer lainnya. Tempat wisata populer, hotel dan tempat makan dimana-mana, sinyal oke dan yg pasti rame. Tapi krui dan tanjung setia, baru tersedia hostel-hostel kecil dg rate 50 - 300 rb per malam sudah termasuk sarapan, listrik dan sinyal yg kadang byarr pet.. kl listriknya mati sinyalnya mendadak blank -_-*. tidak ada minimarket dikawasan tanjung setia, jadi buat yg mau beli apa-apa yaa beli diwarung kelontong biasa yg jumlahnya pun juga gak banyak.

pantai tak bernama
Pantai cantik ini, terletak diantara krui dan tanjung setia..unnamed beach -_-'
untuk bisa sampai kesini sih perjuangannya agak lumayan, trek menurun melewati hutan, agak licin dan curam sekitar 15 menit melewati sungai kecil yg bermuara kelaut. dan kemudian.. taraaaaaa
bukan wisatawan yg ditemui disini, tapi warga sekitar yg lagi bertapa (--_____----)
soal tapa bertapa ini sudah sering didengar, karena kebanyakan pantai disini masih memiliki sisi mistis yg kuat. 
kita dateng kesana haha hihi liat pantai cantik, mereka yg udah disana duluan malah lagi bertapa. jadi harap maklum gak lama mereka sendiri langsung kabur. Lagi serius bertapa malah didatengin makhluk-makhluk curut yg sibuk photo-photo sm main air. 

Untuk wisata lainnya yg sedang in adalah pulau pisang, dan sayang bgt gak sempet kesana. :( dari photonya sih itu pulau Keren luar biasa, pasir putih dan air yg biru .. 

Penginapan, kemaren itu kita stay di sebuah homestay di Tanjung setia, Kalapas homestay namanya. Posisi tepat diseberang pantai dikawasan tanjung setia. Karena waktu kedatangan yg salah yaitu dimusim penghujan, kondisi pantai Tanjung setia pun kotor karena banyak sampah yg terbawa arus hingga kepantai. Padahal jika kita datang disekitaran bulan april-oktober (peak season) tanjung setia akan dipadati oleh wisatawan. Akan tetapi Tanjung Setia tetap mempunyai pesonanya sendiri meskipun dimusim hujan, terlihat dari beberapa wisatawan asing yg masih wara-wiri disana.

Menurut beberapa teman, Krui memiliki bandara tapi masih kurang jelas sudah beroperasi atau belum. Lumayan kan menghemat waktu 7 jam perjalanan :p

dan kehadiran kami disana banyak dibantu oleh teman-teman dari komunitas Komunitas Backpacker Lampung Barat.. saya sendiri salut dengan adanya komunitas ini, karena agak jarang orang didaerah perduli dan membentuk komunitas backpacker sendiri. Mereka tidak berkeberatan membantu teman-teman yg ingin mengunjungi wilayah pesisir lampung barat.

Angkat ranselmu, Indonesia terlalu indah untuk hanya dilihat lewat photo



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Counter