Jumat, 07 Juni 2013

Bogor rasa Bali.. Pura Jagatkarsa

Pura ini berlokasi dikaki gunung salak, ciapus ( semoga gak salah namanya ^^V )

Namanya juga pura, ya pasti ada yg beribadah disini. Kalo weekdays katanya pengunjung diperbolehkan masuk sampai kedalam pura. Cuma karena kali ini datengnya hari minggu jadinya cuma bisa masuk sampai halaman depannya.

Tidak ada nominal pungutan untuk pengunjung yg datang, hanya sumbangan seikhlasnya yg diselipkan disebuah kotak amal.
Pengunjung yg datang disyaratkan memakai pakaian yg sopan, tidak bercelana pendek. Bagi yg bercelana pendek diwajibkan menggunakan kain. Untuk pengunjung wanita tidak boleh dalam keadaan datang bulan, standar tempat ibadah.. untuk menjaga kesucian tempat ibadah.
Pengunjung yg datang nanti akan diberi kain berwarna kuning yg bisa diikatkan dipinggang.


Ketika masuk kepelataran pura, pengunjung disarankan membuka alas kaki meskipun yg kita injak nanti adalah rumput.

Terlihat beberapa umat yg sedang beribadah, berpakaian khas bali membawa sesajen datang dengan keluarga. Karena tidak terlalu memperhatikan urutan ibadah yg dilakukan, jadinya gak bisa menjelaskan apa yg mereka lakukan. Di pelataran pura, ada keluarga yg sedang beribadah yg dipimpin oleh seseorang ( lagi lagi gak tau namanya ^^V ). kemudian mereka beranjak kedalam pura.

Pengunjung yg datang diperbolehkan mengambil gambar di pelataran pura dg tetap menjaga ketertiban, background gunung salak dan pura.. jadi berasa di bali. Suasana yg adem bikin betah, tapi waktu kunjungan kita dibatasi krn banyak yg datang dan ingin masuk kepelataran pura. 




Note :
Pura ini bisa ditempuh dg angkutan umum sebanyak 2 kali dari stasiun bogor dan 1 kali ojek, sekitar 30 ribu PP total biayanya. Sisanya free 
Yang namanya pengunjung harus tetap menjaga yg namanya sopan santun, namanya tempat ibadah y berpakaianlah yg sopan dan menjaga suara :p

1 komentar:

  1. Beberapa minggu lalu sempet kesini, gw seneng banget bisa mendcium bau2 dupa seperti di bali :)

    BalasHapus

Counter