Senin, 25 April 2011

Gunung pertama..Puncak Pertama..

Cerita ini berawal dari racun-racun yang ditebar teman-teman Cakrawala, haddehh punya temen hobinya ko naek turun gunung..kan jadi penasaran.


Juli 2009

gunung pertama..puncak pertama

setahun sebelumnya pernah mencoba mendaki dengan izin orang tua tapi apa daya mereka tak merestui. akhirnya di 2009 memberanikan diri pergi tanpa izin orang tua, menyambangi salah satu puncak di Jawa barat, gede..


Bersama 50an teman lainnya dari kampus yg sama kami berangkat menuju Cibodas.
Tengah malam waktu Cibodas_______
Numpang bobo di warungnya mang idi, 50an orang dari kampus tumpah ruah di warungnya.
didalam, diluar bahkan.
istirahat sejenak sebelum memulai perjalanan esok hari_______
Tapi sayangnya insomnia melanda, matapun tetap tak mau terpejam sampai bulan berganti matahari.
Pagi yang cerah___
dimulai dari sarapan, technical meeting perkelompok dan akhirnya perjalanan menuju puncak pertama pun dimulai..
cariel 45 liter di punggung, sepatu dan tas kecil..gw siap menaklukkan gede..:D
kelompok gw rame, 11 org dengan 2 cewe didalamnya.
minus beberapa angoota kelompok
Brangkattttttttttttttttttttttttttttttttttttt_______
dengan niat yang poll mulai melangkahkan kaki tanpa tau apa yang akan dihadapi nanti yang penting adalah majuuuu jalannnnnnnn


Bismillah..
jalanan masi nanjak2 dikit masi haha hihiii sama yg laen, mulai berjarak mulai menikmati perjalanan..
menikmati suasana yg belom pernah dinikmati sebelumnya, udaranya segar, pohon2nya subur, indaaaaahhh pokoknya.




gak lama sampe dipos pendaftaran__
dengar pesan2 dulu dari org perhutaninya sambil ngaso




dan lanjuuuuuuuuuuuuuuuuut lagi


yaakkk yang ini nanjak mulu deh, ketemu jalan yg datar girangnya minta ampun kayak abis menang lotre.
naeknya pas matahari bersinar cerah pula jadi semakin keliatanlah jalan yg nanjak itu. 
ko rasanya gak abis2 itu tanjakan..T.T
next stop telaga warna_____
kesan pertama horor euy, liat danaunya yg biru sm pohon2nya (dasarnya penakut begini deh jadinya..:p)
danau biru jujur gak terlalu menarik perhatian, pdhl itu danau ada ganggangnya yg bikin dy jadi biru pas kena matahari.
yang laen photo2 disana gw lanjut jalan ahhhhhhhh...
disini jalan lumayan datar, senangnya..
tapi sayang gak lama :(
mulai nanjak lagi..Hoshhh hoshhh hoshh...
Pertigaan Air terjun____
Lurus ke curug cibeureum belok kiri lanjut kandang badak..
menurut tmn2 lurus aj dek..
baiklah om..
cariel tak tinggal sama yg gak ngikut, lanjut jalan tanpa cariel..lumayan lah..
sampe curug____
wow rameee
yaeyalah secara pendakian pas long weekend jadi ruamenya kayak bukan digunung.
ada ibu2 yang lagi gathering, ada yg tamasya, ada yg naik juga kayak kita..wuehhh ramelah..
gak nyebur sayangnya, karena males rempong ganti2 bajunya,,lagian takut ditinggal..ngacirrrr ahhh
ikut photo2 sambil ngisi persediann aer..


balik lagi ke pertigaan_____
cariel lagi..jalan lagi..yookkk semangat


jalanpun semakin menanjak, ko kayaknya jauuuuuuuhh bgt.


gw         : masih jauh yaa?
tmn 1     : gak kok 2 kali belokan lagi
gw         : ohhh (percaya sepenuh hati)
tmn 2     : iyaaa kan belokan ada 2, kanan sama kiri
gw         : T.T gw ditepuuu...
tmn2 lain :wkwkkwkwkw (ketawa setan)
jalan lagiii...


istirahat lagiii...


jalan lagii...istirahat lagi..
sebagai pemula jalan 3 langkah istirihat, 3 langkah istirahat...
lamaaa dehh gw kayak keong T.T


tapi untungnya tmn2 yg baik hati semua setia nungguin  ngaso.
perbincangan saat ngaso :


gw  : ni jalan nanjak mulu yaa ampe atas
tmn : iyalahhh namanya juga gunung
gw  :  %$##@%*(^%$#!!@


obrolan lain kita sensor aj_________________


ngaso sambil rebahan, lurusin kaki yang cenat-cenut krn kaget di ajak nanjak, minum sama nyemil gak ketinggalan :D
ngobrol2 sama yg laen, tegor sapa dg sesama pendaki dan lanjut lagi___
akibat gak olahraga berasa bgt, mulai dari nafas yang ngos2an, jantung berdetak cepat sm kaki cenat cenut.
salah sendiri emang, udah diingetin olahraga sebulan sebelom berangkat tapi baru olahraga 2 hari sbelum berangkat ^.^V
yang paling berat itu mengatur nafas, antara jantung yg deg2an sama nafas yg ngap2an..T.T jadi nyesel gak olahraga.
jadi banyak istirahatnya deh :(
semakin lama semakin terbiasa, melangkahkan kaki sambil mengatur nafas, menghemat suara biar gak cepat capek.
Pembicaraan selama perjalanan pun macem, mulai dari bergosip sampe ngomongin kuliah.
dari yang diem tiba2 ngakak gede pun iya..
ditipu berkali2 bilangnya udah deket ko, tuhhh didepan..
didepan dari hongkong...T.T
bilangnya setengah jam lagi tapi udah sejam belom nyampe2 juga yg namanya kandang badak.
yahhh sudahlahhh dinikmati aja...
jalan sambil lirik kanan kiri, tarik nafas dalam-dalam mumpung udara seger gratis gitu..:D
dapet bonus jalan datar, wow ternyata aer panas..
pikiran gw, gw bakal maen2 disini bentaran ahh..ternyata tidak demikian dg tmn2 gw..
kita cuma lewatt.. yahhhh mau nyeburin kaki bentar jg gak bisa, mau buka sepatu dulu bisa2 ditinggal.
cuma celupin tangan bentaran doang bisanya, ngetes beneran panas ap gak,kwkkw...lumayan ternyata.
ternyata disini rame...
banyak yg istirahat sm ngecamp.
cuma lewattt trus lanjut jalan..
kirain masih jauh, ternyata kandang batu udah didepan mata, Horeeee
ayeeeee___
akhirnya sampe juga, liat tenda2 digelar..bahagianya hati ini ^.^ 
org2 udah kasak kusuk masak, gw cuma terpana ngeliat tmn gw yg sudah sangat expert dalam hal perdapuran,
menyiapkan amunisi buat kita2 yg kelaperan.
bantu sebisanya, bantu ngeliatin maksudnya..huehehhe ^.^ V
kaget ternyata sembakonya lengkap euy, ada sayur mayur segala macem..
menu hari ini, nasi liwet, indomie + baso dan sayur mayur nya sm kornet yg dibikin kyk perkedel, jadi ngiler..
porsinya mini tapi mengenyangkan 11 orang ternyata.
mamam duyuu yah ___________
abis makan, berdiriin tenda..2 tenda untuk 11 orang.weww..
panitia ternyata bikin acara lomba masak, kelompok gw pun diwakili sama 3 pria yg sebenarnya gak rela disuruh ikutan.
kl peserta laen niat bener, ada yg bikin siomay, ada biskuit goreng, ada yg bikin pancake juga malah sedangkan kelompok gw mentok 
dengan idenya bikin gorengan pake kornet kayak yg dimakan tadi.
perlombaan pun dimulai___


Pritttttt______
3 pria kasak kusuk masak, kornet dimasukin dikasi rawit yg diris2 dikasih garam gula segala macem, dikasi tepung, dikasi telor,
di kasi aer bru deh dogoreng. masakan asal2an dg berbagai bahan makanan didlamnya malah menang dpt juara 3,
kelompok gw terpana, kok bisa ya...
kita tanya panitia..


gw        : kok bisa menang?
panitia 1 : enak soalnya
gw : yakin??
panitia : iya, enak ko
gw : *ketawa setan, kalian gak tau kl itu sbnrnya bikinny asal2, ada cabe dimasukin, ada    bawang masuk, gula garam masuk semua, dan itu kayanya asin lho
panitia : gak ahh enak ko *sambil berlalu
gw : *ngakak




kasian sebenarnya, tapi apa mau dikata..kami terlanjur jadi pemenang. :D


abis lomba masak, sore menjelang...
diisi dengan ngorbol ngalor ngidul, didalem tenda ngebongkar cariel punya temen..
ternyata cariel segede gaban itu penuh bgt dengan segala macem makanan, pantes kok kayaknya berat bgt..
mcm2 minuman ada, kopi, susu, teh jahe ada, biskuit, roti segala macem ada, yg bikin surprise ada nutrijellnya,wow...


dan beneran kita bikin itu nutrijell, gw kaget aj kok kepikiran bawa2 nutrijell segala macem pas naek gunung..:D


malam pun datang___
dominasi suara jangkrik dan suara2 kita yg 50 orang itu :p
masak makan malam, ngobrol2 lagi dan merangkai mimpi di akhirnya.
jangan mengharap ada adegan mandi disini, dinginnya bikin say no to mandi lah...semua maklum ko namanya jg digunung ^.^ V


1 jaket, 2 kaos kaki,sarung tangan, slayer dan sleeping bag, bubuk ahhhh...


tidurrr__________


jam 6 pagi, kandang batu___
bangun pagi dan merasakan dinginnya udara di Gede, anginnya yang semriwing bikin gemeteran gak jelas, mau tetap disleeping bag
ato keluar dari situ jadi pilihan yg berat, tetap di sleeping bag berarti gak ikut sarapan dan gak mau muncak,
keluar pun dingin..yahhh keluar aj deh daripada daripada..
sarapan pagi ini bubur kacang ijo, slruuuuppp...
apa2 kyknya enak kl lagi digunung gini..hihiii


jam 8 teng muncak yokkk______
8 pagi yahhh...:p


sebelom muncak gaya dulu


gak bawa cariel, horeee...
mulai ngesot, , yakkk nanjak dan terus nanjakkk..
rute cibodas adalah rute paling ringan menurut tmn2 gw, kl kata gw mah berattt ...
nanjakkk teruuusss....


istirahat..


sampe camp kandang badak, disini juga rame banyak yg ngecamp.


lanjut naik...


istirahat...

Hoshhh..hoshhh..
makin keatas jenis2 tanaman udh mulai beda, berganti ketanaman ciri khas ketinggian..
berbatang rendah dengan daun yg kecil2 kyk perdu..yaa begitulah pokoknya,hhheeehe..
rasa-rasa ketinggian udah berasa banget banget..
sampe pertigaan gede dan pangrango ada papan petunjukknya lho, yg mau ke gede kiri ke pangrango kanan..


yak sayah ke kiri ajah..

dapet bonus.. Tanjakan setan_____
ada 2 pilihan mau lewat jalan biasa ato sini, kl ke gede belom afdhol kl gak lewat tanjakan setan.
baiklah gw cobain deh. takut ketinggian sebenernya, jadi naek pelan2 bener, hati2 napakin kaki sama gak nengok kebawah,,huauhaa takuutt
tapi gw bisa..Horeeee
yang ditakutin itu sebenernya kl kaki gw keselo gimana, kan ambulans gak bisa naek gunung ,,hihiii
lanjut lagiii nanjaknya____
nanjak
lumayan ngap2an lagi...sampe2 tadi kita yg barengan mpe mencar sana sini..
gw sm tmn gw yg tak panggil popeye :p
dy selalu setia ada dibelakng gw, 3 m dibelakng gw.
gw stop dy pun stop..
gak enak hati jadinya, krn bikin dy lama..
tapi apalah daya, kl sendiri tar gw nyasar kan gak lucu.

dannnnnnnnnnnnnnnn Puncak gede di siang bolong__________________




kesan pertama, mana puncaknya. krn dipikiran gw puncak itu paling atas bgt dan disitu gw liat bibir kawah..
celingak celinguk..


itu tuhhh sana kata tmn..


hooo jalan lagi ternyata..
dipuncaknya Photo2 donk, sayang kawahnya ketutupan kabut :(
dari atas cuma bisa memandang surya kencana dengan takzim..kapan gw kesana T.T
sementara tmn2 gak ada yg turun kesana, nexttime aku akan mengunjungimu Surya Kencana.^^,


setelah tadi diboongin,dibilang kl diatas ada yg jual nasi uduk, taunya gak ada T.T mendingan gw turun duluan deh..
dipuncak juga rame aja.


turunnnn___
sendiri bisa sebenernya, masi hapal jalur tadi dan jalurnya pun cukup jelas untuk naik sendiri.


baru jalan bentar liat ad yg keseleo kakinya pas dipuncak, jadi ngebayangin gimana sakit dan repotnya dy turun kebawah ntar.
wew... mesti hati2 lagi nih.
_______
sampe kandang batu yg dicari adalah minum, penyakit ketinggian bikin gak napsu makan :(
beres2 perlengkapan dan jam 5 sore siap turun kebawah.
kembali menenteng cariel yg sedikit ringan memulai perjalanan turun, hari mulai gelap waktunya keluarkan senter masing-masign..


yakkk___
yang tadinya bareng jadi bubarrr, ada yg mau istirahat ada yg langsung lanjut.
entah kenapa gw jadi berdua sama tmn yg inisialnya R ( salam damaiii..hehhe), 


gelap dan mulai dehh parnonya, giliran dijembatan yang ada rawa2nya mendadak temen gw ilang, hhe bukan ilang tepatnya dy jalan duluan.
sampe2 gw gak bisa cahaya senternya dy, and then dijembatan itu senter gw ko nangkap kayk bentuk cariel.. 
seeeerr... langsung darah berdesir, parnonya kambuh, doa gw dalam hati semoga itu beneran orang,, kan gw lagi sendirian T.T
semakin dekat, semakin dekat..
dan alhamdulillah doa gw dikabulin, itu emg pendaki lain yg lagi istirahat.
Hhhaahh mbok yaa bersuara gitu jgn diem aja T.T
krn ditinggal sendiri, berjalan secepat mungkin, batu pun ditendang, pake jatoh juga..gak peduli pokonya cepat nyampe.
tega emang yg ninggalin T.T
eehh ketemu tmn lain y lagi ngaso, mending ikutan dy ngaso dehhh daripada gw ditinggal lagi.:D
gak lama jalan lagi..jam 9 malam sampe lgi diwarung mang idi.
IStirahat, makan dan kembali ke ibukota.






_______Gunung pertama, puncak pertama_____
perjuangan melawan diri sendiri( sanggup ato ngga) yang berujung ketagihan..
dan aku akan kembali kesana suatu saat nanti :)

2 komentar:

Counter